Rabu, 20 Juli 2011

Memilih Buah Yang Aman Dikonsumsi

Cara Memilih Buah Yang Aman Dikonsumsi

Buah merupakan makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Namun rupanya tidak semua buah aman untuk dikonsumsi. Sehingga anda perlu selektif dalam memilih buah yang segar sehat dan bebas dari bahan beracun. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan saat memilih buah yang baik dan mengandung vitamin yang dibutuhkan. Dilansir She Knows, Iva Young, penulis dari buku Healthy Mom dan pakar nutrisi memberikan tips dalam memilih buah:



1. Kandungan gula
Gula pada buah dikenal dengan fruktosa. Frukstosa akan dipecah oleh tubuh secara perlahan sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah Anda. Cara membedakannya antara buah yang kaya gula atau tidak adalah dengan mencoba rasanya. Semakin manis buah yang dikonsumsi maka semakin banyak kandungan fruktosanya.

2. Perhatikan serat buah
Jika Anda mengkonsumi buah, jangan hanya memperhatikan unsur gizi, lemak, protein, vitamin maupun mineral. Kandungan serat yang terdapat pada buah juga merupakan unsur penting. Serat pada buah berperan penting untung meningkatkan kesehatan tubuh. Buah yang mengandung serat tinggi diantaranya, apel merah, semangka, melon, buah naga, pir hijau dan pepaya.

3. Jenis buah yang tidak baik dikonsumsi
Terdapat 4 buah yang sebaiknya Anda pertimbangkan bila ingin mengonsumsinya terlalu banyak. Seperti contohnya buah delima, apel manis, kismis, dan jeruk manis. 4 buah tersebut mengandung gula dan serat yang tidak sesuai dengan anjuran kesehatan.

4.Pilih buah dari pertanian organik
Sudah bukan rahasia lagi bahwa saat ini pencemaran makanan sangat berperan bagi turunnya kesehatan tubuh.Kadang kita tidak menyadari bahwa buah atau sayuran yang kita makan sudah tercemar dengan bahan kimia seperti pestisida dan bahan kimia lainnya. Untuk menghindari hal ini ada baiknya anda selektif memilih buan-buah dari pertanian organik,karena tentu lebih aman untuk dikonsumsi. Bila tidak bisa maka untuk selalu mencuci bersih sayur ataubuah yang akan dikonsumsi.

Tips memilih buah yang segar
Sekarang bagaimana memilih buah yang segar, tentu anda tidak ingin kecewajangan sampai kecewa dengan hasil pilihan kita. Pilihlah buah yang benar-benar segar dan enak untuk dinikmati. Bukan buah yang dipanen sebelum waktunya. Selain itu, yang kita inginkan tentu adalah buah yang mengandung banyak vitamin. Berikut adalah tips untuk memilih buah yang bagus dan segar:

Apel :
Ketuk buahnya dengan jari tangan, jika bunyinya nyaring maka apel tersebut renyah dan banyak airnya. Jika bunyinya berat, maka apel itu sudah tidak renyah lagi atau airnya kering. Tekan buah apel, jika buah tersebut tidak keras lagi berarti buah tersebut tidak renyah lagi. Tentu nanti hasilnya akan mengecewakan jika dimakan. Apel yang baik adalah yang kulitnya mulus tidak ada bercak, saat dipegang masih terasa keras dan baunya harum.

Pisang :
Pilihlah buah pisang yang bulat dan hindari memilih buah pisang yang batangnya kering. Pisang yang bagus seharusnya berwarna kuning atau hijau. Jangan memilih pisang yang warnanya kecoklatan.
Melon :
Pilih buah melon yang kulitnya segar, tidak lembek. Ada yang mengatakan bahwa melon yang manis permukaannnya dipenuhi urat-urat yang sangat menonjol. Urat tersebut menutupi sebagian warna dasar kulit melon.

Anggur :
Pilih buah anggur yang masih menempel pada batang. Jangan memilih buah anggur yang sudah lembek dan berkerut, pilih buah anggur yang masih segar. Perhatikan juga ketebalan kulitnya, jika tipis, maka kandungan air yang terdapat dalam buah anggur tersebut banyak

Alpukat :
Pilih buah alpukat yang masih keras dan terang warna kulitnya (belum terlalu matang). Acuhkan buah alpukat yang dagingnya lembek ketika dipegang. Simpan buah alpukat yang dibeli tadi di dalam beras supaya cepat matang. Cara mengecek sudah matang atau belum yaitu tusukkan tusuk gigi ke dalam bagian daging yang dekat tangkai. Jika dapat digerakkan keluar masuk dengan mudah, berarti buah alpukat sudah matang.

Durian :
Gunakan indera penciuman Anda. Pegang buah durian dan jika terasa menyengat wanginya, berarti durian sudah matang. Potong tangkainya, kalau tengahnya kuning berarti bagus.

Jeruk :
Kebalikan dari apel. Kulit jeruk yang tidak mulus dan ada bercak-nya, itulah buah jeruk yang baik. Tancapkan juga kuku ibu jari Anda ke bagian tengah buah jeruk, jika lunak berarti jeruk itu bagus. Jangan lupa memilih buah jeruk yang masih segar, jangan pilih jeruk yang sudah lembek. Mangga :
Pilihlah buah mangga yang harum baunya dan tidak lembek serta tidak ada memar di permukaan.
Pilih yang ujung tangkainya berwarna kekuningan.

Nanas :
Pilihlah nanas yang masih keras dan segar tangkainya.
Pilih buah nanas yang berwarna kuning cerah, yang tidak terlalu keras, dan beraroma manis. Pilih yang gemuk dan berat. Hindari yang warna kuningnya memudar, layu atau terlihat kecoklatan, atau terlihat kering pada keseluruhan bagian.

Pir :
Pilih buah pir yang mulus kulitnya, tidak ada bercak serta kondisi daging buahnya masih keras.

Semangka :
Jika buah semangka diketuk dengan jari terdengar bergema, maka buah itu segar dan bagus. Jika bekas tangkai berwarna kekuningan berarti buah tersebut telah matang, tetapi jika berwarna putih berarti belum matang.

Source: Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar