Senin, 15 November 2010

Makanan Pencegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan tumor ganas yang tumbuh pada jaringan payudara wanita. Merupakan salah satu penyakit ganas yang bila terlambat penangannya akan berakita fatal pada kematian pada penderitanya. Sehingga bagi wanita sangat disrankan untuk teratur memeriksa secara teratur payudaranya bila menemukan benjolan yang mencurigakan hendaknya langsung berkonsultasi pada Dokter.

Makanan Pencegah Kanker Payudara

Sementara itu apa yang sebaiknya anda lakukan untuk mencegah penyakit yang ganas ini? Jawabnya anda dapat mulai memerangi kanker payudara dengan "daftar belanjaan" anda sendiri. Baru-baru ini, ahli gizi bernama Mary Vance mengungkapkan beberapa jenis makanan untuk mencegah dan melawan kanker. Maria mengatakan, "Makanlah makanan nabati dan daging organik. Dan jangan makan secara berlebihan. Jauhi makanan olahan yang mengandung bahan kimia" Selesai.

Lebih lanjut, Maria juga menganjurkan makanan kaya antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, yang merupakan sumber kerusakan sel dan DNA. Usahakan selalu menggunakan makanan dari makanan organik, karena makanan non organik mengandung kimia dari herbisida dan pestisida yang bila termakan akan disimpan dalam sel-sel lemak tubuh kita di mana mereka dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan kerusakan DNA.

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi unutk mencegah dan melawan sel-sel kanker.

1. Brokoli

Brokoli mengandung tingkat tertinggi indole-3 carbinol, yang oleh para ahli dilaporkan dapat memperlambat proliferasi sel. Para peneliti di Berkeley telah menemukan bahwa brokoli dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker - meskipun mereka masih berhati-hati dalam uji klinis dengan manusia. Tapi sementara itu? Makanlah lebih banyak brokoli.

2. Buah Berries
Blueberry dan Raspberry sangat tinggi kandungan antioksidannya dalam melawan kanker Antioksidan juga dapat membuat Anda awet muda. Stroberi dan Nlackberry juga mengandung asam ellagic, yang merupakan zat pertahanan yang kuat unutk melawan kanker.

3. Cod Liver Oil
Memang tidak begitu lezat, tapi cod liver oil adalah sumber vitamin D, zat yang merupakan suatu keharusan untuk pencegahan kanker. Para peneliti menunjukkan bahwa Vitamin D memperlambat pertumbuhan sel kanker.

4. Jahe
Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat membunuh sel kanker. J. Rebecca Liu adalah asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Universitas Michigan di Ann Arbor yang mempelajari kanker. Ia mengatakan, zat yang terkandung dalam Jahe memanipulasi sel-sel kanker unutk bunuh diri dengan mencerna dirinya sendiri." Dan ini adalah dimelakukan tanpa merugikan sel-sel sehat di sekitarnya.

5. Tomat merah
Merupakan bahan favorit di menu salad, mengandung lycopene yang tinggi, yang merupakan antioksidan penyerang radikal bebas pemicu kanker. Beberapa penelitian menghubungkan tomat dengan turunnya serangan kanker payudara. Para ahli menyarankan makan buah ini dengan minyak zaitun, minyak yang berfungsi untuk mengaktifkan lycopene.

6. Bawang putih
Bawang putih mengandung komponen sulfur organik yang merupakan penghambat yang efektif dari proses perkembangan kanker." Hal ini juga efektif untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

7. Teh
Merupakan bahan yang mengadung flavonoid yang tinggi, yang dikenal untuk sebagai antioksidan. Dilaporkan sebuah studi menganalisis kebiasaan gaya hidup hampir 3.000 orang, menunjukkan bahwa perempuan post menopause yang mendapat cukup flavonoid 46 persen lebih rendah resikonya mengalami kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang kurang mendapatklan asupan flavonoid."

8. Jamur
Mary Vance menjelaskan jamur "seperti shiitake dan reishi berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan menyerang sel-sel kanker." Jamur mengandung protein lektin, yang menyerang sel-sel kanker dan mencegah mereka berkembang lebih lanjut.

9. Bayam Hijau, selada, dan lobak Swiss
Makanan-makanan ini mengandung zat anti kanker antioksidan dan mineral. American Institute for Cancer Research melaporkan bahwa beberapa bahan kimia dalam bahan makanan ini dapat membatasi pertumbuhan beberapa sel kanker.

10. Jus Jeruk
Selain enak jus jeruk mengandung zat anti kanker. Jus organik ini mengadung asam folat yang tinggi. Rachael Stolzenberg-Salomo adalah seorang peneliti di National Cancer Institute. Ia mengatakan "Diperkirakan bahwa ketika seseorang memiliki tingkat asam folat yang rendah, lebih besar kemungkinannya terjadi untuk mengalami mutasi pada sel DNA." Buatlah sendiri segelas jus jeruk untuk meningkatkan kesehatan yang baik setiap hari!

1 komentar: