Minggu, 22 Januari 2017

Tips Mudah Menurunkan Berat Badan

Bagi sebagian orang khususnya wanita saat menimbang berat badan bisa membuat stress, apalagi kalau melihat timbangan bergerak ke kanan alias melihat kenyataan berat badan naik dan pakaian semakin terasa sempit. Tapi sebaiknya Anda tidak bertambah stress karena akan membuat Anda menjadi gampang merasa lapar dan kompensasinya adalah menghabiskan semua makanan yang ada di kulkas.

Tips Mudah Menurunkan Berat Badan


Bila melihat timbangan naik, sebaiknya segera mempersiapkan diri untuk mengatur pola hidup terutama pola makan dan olahraga. Di sini kami akan membahas  cara menurunkan berat badan dengan melakukan hal-hal sederhana tanpa harus stres dan menguras kantong. Cara menurunkan berat badan sebetulnya mudah, asalkan Anda mengetahui kuncinya dan menerapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya, ukuran berat badan seseorang tergantung dari kalori yang masuk dan seberapa banyak pengeluaran kalori melalui aktivitas tubuh. Bila kalaori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang digunakan untuk aktivitas, maka kelebihan kalori akan disimpan menjadi lemak, akibatnya berat badan Anda akan semakin bertambah. Berat badan ideal akan tercapai apabila jumlah kalori masuk sama dengan kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Sedangkan untuk menurunkan berat badan,Anda harus mengonsumsi kalori lebih sedikit, kemudian melakukan aktivitas pembakaran kalori lebih banyak.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan sehari hari yang akan membantu menurunkan berat badan.

Tips 1. Hindari lemak jenuh dan kurangi karhobidrat sederhana.
Asupan karbohidrat tetap diperlukan meskipun sedang melakukan program penurunan berat badan. Kurangi jumlah karbohidrat sederhana yang yang Anda konsumsi. Atau ganti karbohidrat sederhana (nasi, roti) dengan karbohidrat kompleks seperti jagung, cereal, ubi dll.

Tips 2. Kurangi gula dalam minuman anda.
Gula merupakan sumber kalori yang sangat cepat diserap tubuh, bila Anda amengkonsumsi gula terlalu banyak, kelebihan kalori dari gula akan segera disimpan menjadi lemak.  Berhentilah minuman softdrink. Soft drink mengandung gula yang tinggi. Biasakan mengkonsumsi air putih mineral jika Anda sedang berada di luar. Jika Anda ingin minum teh manis, sesekali tidak apa apa. minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.


Tips 3. Kurangi makanan gorengan, gantilah dengan makanan rebus.
Gorengan merupakan makanan ringan yang mudah ditemui dimana saja. Pisang goreng, ubi goreng, tahu goreng dan semuanya yang digoreng  atau mengandung minyak goreng memberikan kontribusi bagi kenaikan berat badan Anda. Sebaiknya ganti sistem memasak gorengan ini dengan makanan yang dikukus atau direbus. Bila Anda tidak bisa menghindari gorengan paling tidak untuk mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

Tips 4. Tetap makan 3x sehari.
Tetaplah untuk makan 3x sehari. Jangan mengurangi frekuensi makan anda menjadi 2x sehari karena dalam jangka panjang justru akan memperlambat proses metabolisme, sehingga justru berat badan akan semakin susah diturunkan. Tetaplah makan 3x sehari, dengan porsi yang lebih sedikit.

Tips 5. Makanlah paling akhir 3 jam sebelum tidur.
Hindari makan saat mendekati jam tidur, paling tidak jaga waktu makan 3 jam sebelum tidur. Waktu makan yang terlalu dekat dengan jam tidur Anda akan menyebabkan makanan yang anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktifitas Anda, akibatnya adalah penumpukan lemak Anda akan bertambah. Jika lapar, lebih baik Anda mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori.

Tips 6. Jangan mencoba semua jenis makanan pada jamuan makan.
Hal ini kadang sukar untuk dihindari, undangan pernikahan atau undangan makan, atau sajian makanan kecil saat rapat di kantor. Misalnya ada undangan yang melibatkan acara makan hindari mencoba semua menu makanan saat ada jamuan. Cukup pilih satu atau dua jenis yang paling Anda suka, lalu lanjutkan dengan memilih makanan sehat seperti salad atau buah-buahan.

Tips 7. Latihan kardio (lari, renang, sepeda, threadmill, aerobik).
Latihan kardio sangat efektif untuk membakar lemak, lakukan olahraga ini secara rutin 4- 5 kali seminggu dengan waktu di atas 30 menit - 1 jam. Bila anda belum pernah melaukan olahraga kardio sebaiknya melakukannya secara bertahap dan apabila usia Anda di atas 40 tahun dan belum pernah melakukan olahraga kardio berkonsultasi dengan ahli atau dokter sebelum melakukan olahraga ini.
Tips 8. Lakukan latihan di pagi hari.
Berlatih atau melakukan olahraga pada pagi hari akan lebih efektif, karena perut anda sudah kosong dan tentunya pembakaran dari latihan yang cukup akan mengambil energi dari lemak anda.

Tips 9. Pilih bergerak daripada menggunakan mesin.
Bila berniat untuk menurunkan berat laukan pilihan yang tepat dalam kehidupan sehari-hari. Pilihlah berjalan kaki atau naik sepeda jika jaraknya tidak terlalu jauh, jangan naik motor atau naik mobil. Jika bekerjar di kantor selalu pilihlah untuk menggunakan tangga jika Anda hanya ingin turun 1 atau 2 lantai saja, jangan gunakan lift. Kebiasaan kecil ini tanpa terasa akan menurunkan berat badan anda jika anda lakukan tiap hari.

Tips 10. Cukup Tidur
Waktu tidur yang baik adalah 6 – 8 jam sehari. Jangan lebih dari 8 jam per hari. Penelitian menyebutkan bahwa tidur berlebihan dapat meningkatkan resiko kematian. Sebaliknya kekurangan waktu tidur juga tidak baik karena akan membuat anda mudah merasa lapar.

Tips 11. Nikmati program diet Anda
Memang hal yang susah, terutama harus menahan keinginan dan rasa lapar. Hal ini tidak akan terjadi bila Anda menerapkan rencana yang baik. Bila Anda merasa sangat menginginkan makanan tertentu, tidak perlu untuk menghilangkan apa yang Anda sukai, cukup kurangi. Misalnya makanlah kegemaran Anda seminggu sekali dengan porsi sedang setelah anda berhasil makan bersih sesuai pola diet selama seminggu. Tambah itensitas olah raga Anda seitap minggu. Aturlah semua diet yang meliputi pengaturan pola makan dan olahraga sehingga menjadi sesuatu yang menyenangkan, dengan menjadikan diet Anda sesuatu yang menyenangkan maka akan semakin memperbesar keberhasilan die.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar