Minggu, 08 Januari 2017

Kesalahan Fashion yang Membuat Anda Terlihat Lebih Tua

Memilih pakaian dan berbagai asesoris merupakan sesuatu yang menyenangkan, pemilihan yang tepat akan membuat penampilan semakin baik dan enak dilihat. Tetapi ternyata ada rambu-rambu yang harus diperhatikan saat memasuki wilayah fashion, karena pemilihan dan cara pemakaian yang salah akan membuat penampilan menjadi kurang bahkan akan membuat kita terlihat lebih tua.  Untuk menghindari hal ini baca terus kesalahan dalam fashion yang bisa membuat penampilan kita menjadi terlihat lebih tua.

Kesalahan fashion yang membuat terlihat tua


1. Pakaian kurang pas
Kadang memilih dan membeli baju menjadi hal yang sangat ribet. Terutama pemilihan ukuran baju, potongannya sudah bagus tetapi kadang ternyata ukurannya gak cocok. Sehingga walau tidak cocok kadang kita sering tidak peduli dan memaksa (terpaksa) untuk tetap memakainya. Menggunakan pakaian yang tidak pas terutama bila kebesaran, selain akan membuat anda kurang nyaman juga akan membuat penampilan terlihat lebih tua, hal ini akan pastilah akan mempengaruhi rasa percaya diri.

Solusi: Sesuaikan ke penjahit
Bila terpaksa membeli pakaian kurang pas, sebaiknya segera menyesuaikannya dengan ukuran Anda ke tukang jahit. Memang jadinya perlu biaya tambahan, tapi akan lebih baik kan? bila penampilan terlihat sempurna. Selain itu dengan cara ini akan membuat kita lebih menghargai pakaian ini, sehingga akan lebih terawat dan tahan lama. Anggap saja hal ini adalah investasi dalam lemari pakaian - untuk kesempurnaan penampilan Anda.


2. Selalu cari aman
Salah satu yang membuat penampilan kita terlihat lebih tua adalah karena gaya penampilan kita tidak banyak berubah dari waktu ke waktu,  padahal model fashion terus bergerak meninggalkan yang lama menjadi basi. Menggunakan pakaian yang terkesan klasik bukan hal yang buruk bila cocok, namun tidak mengambil sedikit risiko untuk memperbarui gaya berbusana akan membuat tertinggal dalam penampilan dan membuat terlihat lebih tua.

Solusi: Belajar dan ambil sedikit resiko
Sebenarnya mengambil sedikit resiko untuk memperbarui gaya dalam fashion tidak terlalu susah, apalagi bila Anda senang membaca majalah fashion. Bila masih ragu saat memilih pakaian di butik atau toko pakaian, beberapa toko biasanya menawarkan jasa stylist mereka secara gratis bagi pelanggan.  Hal ini sangat berguna untuk menambah wawasan gaya berbusana Anda. Biarkan stylist tahu apa yang Anda sukai, dan apa yang Anda tidak sukai, katakan juga apa yang Anda yang ingin coba. Ia akan memberikan perspektif baru tentang fashion jauh daripada yang anda pikirkan. Dengan cara ini anda tidak akan terlihat ketinggalan jaman tanpa perlu mengorbankan rasa nyaman Anda.


3. Berusaha terlalu keras mengikuti trend
Berusaha terlalu keras mengikuti trend agar selalu terlihat update, merupakan hal yang harus dihindari,  karena tidak semua hal yang ada dalam trend terbaru sesuai buat Anda. Dengan berusaha tampil selalu update akan membuat anda kehilangan unsur klasik yang mungkin sesuai buat Anda. Dan dengan memakai hal yang kurang sesuai tentu akan membuat penampilan Anda terlihat lebih tua.


Solusi: Ambil risiko secara bijak, dan pertahankan yang sesuai
Di sini kita berbicara tentang trend busana yang terlihat aneh dan tentu hanya sesuai dipakai oleh orang-orang tertentu terutama yang begerak di dunia hiburan dan selebriti. Jadi tidak semua trend fashion bisa digunakan oleh semua orang. Kita harus bisa merasakan bentuk basic, potongan dan kain yang paling sesuai untuk kita, dan jadikan hal ini sebagai basic pilihan fashion Anda. Sehingga bila sebuah trend baru muncul dan sesuai dengan basic fashion Anda, maka bersenang-senanglah untuk menggunakannya. Tapi jangan lupa bahwa selera mode yang bagus dimulai dari dalam diri Anda sendiri - bukan dari trend fashion.


4. Pemilihan kacamata yang kurang tepat
Penggunaan kacamata kadang tidak bisa ditolak, apalagi di jaman sekarang dimana orang begitu banyak menghabiskan waktunya bekerja di depan layar komputer dan penggunaan teknologi lainnya. Pemakain kacamata bisa merubah wajah Anda, dan pemilihan kacamata yang salah akan membuat Anda tampak jauh lebih tua dari usia Anda sesungguhnya

Solusi:  Gunakan frames kacamata yang tepat untuk wajah
Cobalah minta pendapat teman yang bisa dipercaya, tanyakan pendapat penjual kacamata, coba  beberapa pasang sebelum memutuskan memilih bingkai kacamata yang tepat untuk wajah Anda. Minta teman Anda mengambil foto Anda saat mencoba sebuah bingkai kacamata, kemudian lihat dan rasakan apakah bingkai itu pas buat Anda. Seringkali, hanya karena gaya tertentu terlihat bagus dipakai oleh teman atau selebriti tertentu, tidak berarti hal itu akan terlihat bagus juga bila dipakai oleh Anda.  Frame yang tepat harus membingkai wajah Anda, mempercantik bentuk wajah alami Anda - dan tidak membuatnya terlihat berlebihan. Lupakan trend kacamata saat ini bila kurang pas, lebih baik pilih bingkai kacamata klasik yang pas dan modelnya bisa dipakai sampai kapanpun, walau sudah tertinggal trend yang baru.


5. Kurang memiliki selera dalam fashion
Kenyamanan adalah raja dalam kehidupan ini - setiap orang pasti tahu itu, kan? Siapa sih ingin berjalan menggunakan sepatu yang kurang nyaman, yang bisa membuat kaki sakit dan lecet.  Ketika kita mencari sepatu di toko sepatu, pastilah syarat utamanya adalah sepatu yang nyaman. Tapi kadang kita lupa syarat lain yang juga penting untuk memilih sepatu yaitu "style".  Dengan hanya memilih sepatu yang nyaman tapi kurang memiliki gaya/style akan membuat penampilan menjadi terlihat kikuk, ketinggalan jaman dan bahkan tidak pas bila dipadukan dengan pakain Anda yang lain.

Solusi: Cari yang nyaman dan stylish
Jika Anda lama tidak berkunjung ke toko sepatu, mungkin Anda akan terkejut.  Pilihan sepatu yang nyaman dan bergaya tidak lagi sulit untuk ditemukan. Bahkan, banyak toko sepatu yang menawarkan tren terbaru dengan gaya yang cantik  dilengkapi dengan sol pendukung yang benar-benar dirancang untuk kenyamanan Anda sepanjang hari saat digunakan. Menemukan sepasang sepatu yang nyaman dipakai dan terlihat cantik bila dipakai di kaki Anda akan merubah penampilan Anda secara keseluruhan terlihat lebih segar dan cantik.


6. Pemilihan warna yang kurang tepat
Warna netral memiliki tempat dalam setiap gaya berpakaian wanita stylish, karena kita semua tahu - kita tidak bisa merubah apa yang sudah kita miliki (misalnya warna kulit). Masalahnya apakah Anda menemukan warna apa saja yang cocok dengan warna kulit Anda sehingga Anda tidak terlihat telalu mencolok atau bahkan terlihat pucat dalam busana pilihan Anda.

Solusi: Pilih warna pakaian yang sesuai dengan warna kulit Anda
Jika anda memilik kulit yang putih pucat, dan Anda tetap ingin memilih warna yang kontras dengan warna kulit Anda - Warna ini akan membuat Anda makin terlihat terang tetapi sekaligus juga bila salah memilih warna akan membuat Anda makin terlihat pucat. Karena itu untuk menghindari hal ini cobalah gunakan pakaian dengan warna seperti abu-abu gelap, cokelat, biru tua dan merah anggur dan hijau tua. Hindari warna pucat dan pastel.

Jika Anda memiliki warna kulit sedang atau tidak putih pucat, maka Anda termasuk orang yang beruntung. Warna kulit Anda cocok dengan hampir semua warna dibandingkan warna kulit lainnya, dan Anda aman untuk bermain-main dengan sebagian besar warna - tetapi, tetap disarankan untuk selalu memilih warna yang lebih cerah atau lebih gelap dari kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit gelap, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih warna. Karena warna gelap dan lembut tidak cocok dengan warna kulit Anda, maka sebaiknya Anda tetap menggunakan warna terang atau pakaian dengan kaya warna dan menghindari warna yang terlalu gelap.


7. Kurangnya perhatian dalam pemilihan bra (BH)
Tidak ada yang membuat Anda menjadi tua dan menjadi kurang menarik selain sepasang bra yang tidak pas saat Anda kenakan. Pakaian dalam pada umumnya, dari bra (BH) sampai stoking serta celana dalam untuk daerah intim, merupakan  salah satu hal yang cukup penting untuk menjaga penampilan. Bra yang tidak pas akan membuat posisi tubuh kurang nyaman dan kadang membuat anda terlihat bungkuk. Hal ini akan menggangu penampilan Anda secara keseluruhan.

Solusi: Jangan malu minta pendapat ahli
Anda harus menyerahkan hal ini pada seorang profesional, karena kebanyakan dari kita kadang tidak memiliki pengetahuan yang benar saat  memilih bra yang tepat. Masalah terbesar dengan pemilihan bra yang tepat dimulai dengan masalah "ukuran". Ketika kita meminta pendapat dari seorang ahli, Anda mungkin akan terkejut mengetahui selama ini Anda telah memakai ukuran yang salah. Biasanya sebuah toko butik memiliki tenaga ahli penjualan yang dilatih sebagai tenaga profesional untuk membantu Anda memilih ukuran yang tepat bagi tubuh dan gaya Anda. Jika Anda merasa malu dilihat secara langung oleh mereka (ahli),  maka gunakan saja T-shirt tipis sehingga mereka bisa memperkirakan dan memilihkan beberapa ukuran dan gaya yang cocok untuk dicoba secara pribadi di kamar pas. Pakaian dalam yang pas akan memberikan bentuk yang pas bagi pakaian luar,  menjaga punggung dan postur  tetap tegak, sehingga tidak terlihat bungkuk yang dapat membuat Anda terlihat tua.


8. Kebanyakan bahan kaos
Pakain dari bahan kaos jangan dijadikan prioritas dalam pemilihan pakaian Anda. Tentu saja bahan ini nyaman digunakan untuk santai dan berjalan di sekitar rumah, tapi  bahan ini tidak akan membuat Anda terlihat menarik. Tanpa kita sadari sebenarnya sangat mudah untuk terjatuh ke dalam rutinitas menggunakan pakaian dengan bahan kaos. Tetapi bila tidak hati-hati dalam pemilihan akan terlihat menjemukan..

Solusi: Gunakan sedikit bahan kaos
Bahan kaos memang sangat nyaman dan enak saat digunakan. Tetapi jangan membanjiri lemari pakaian Anda secara berlebihan dengan itu. Anda tetap bisa menggunakan  bahan ini sebagai potongan dasar, tetapi hindari menggunakanya pada semua bentuk potongan. Gunakan juga bahan kaku dengan beberapa bentuk strecth yang bisa merenggang agar nyamansaat memakainya, hal ini akan membuat tampilan Anda menjadi terlihat ramping dan rapi.


9. Tidak mau menggunakan ikat pinggang
Mengacuhkan pemakaian ikat pinggang akan membuat siluet bentuk tubuh Anda kadang terlihat tanpa bentuk dan berantakan. Ditambah bila Anda memiliki berat badan yang belebih, Maka penampilan anda makin terlihat tua.

Solusi: Coba ikat pinggang
Meskipun tidak setiap pakaian akan terlihat bagus bila menggunakan ikat pinggang, tetapi untuk beberapa model pakaian ikat pinggang harus digunakan sehingga pinggang terlihat lebih langsing. Anda perlu mengenakan ikat pinggang bukan hanya untuk mengencangkan celana yang longgar. Lebih dari itu, ikat pinggang bisa membuat siluet ramping pada tubuh. Kenakan pada dress atau coat untuk memberi kesan ramping. Perhatikan pilihan warna ikat pinggang agar matching dengan warna busana Anda. Tidak hanya sabuk aksesori yang bisa digunaka - bisa juga menggunakan  gesper.


10. Paduan yang tidak cocok
Memadukan warna pada fashion yang digunakan adalah cara yang menyenangkan untuk menyegarkan penampilan Anda, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, Anda akan tampak terlihat tua dan norak karena terlalu banyak gaya kontras dalam satu busana.

Solusi: Pasangkan dengan aturan praktis
Luangkan waktu untuk mengatur beberapa hanger dengan paduan potongan pakaian yang terlihat cocok dan cantik bila dipadukan, dan gantung di lemari pakaian Anda. Sehingga akan membuat Anda lebih mudah dan cepat dalam menentukan paduan pakaian yang cocok.  Aturan praktis yang bisa diterapkan adalah tetap dengan memadukan satu warna dengan warna lain yang serasi.  Kalau Anda memilih pakaian dengan warna-warna netral, seperti putih, hitam ataupun coklat, maka Anda tidak akan kesulitan menentukan warna paduannya, karena warna-warna netral tersebut cocok bisa dipasangkan dengan warna apapun.
Tetapi, bagaimana jika warna-warna itu adalah ungu, kuning, hijau, biru ataupun merah? Warna pakaian apa yang akan Anda pilih sebagai pasangannya (tentunya selain warna-warna netral di atas). Maka dalam mengkombinasikan warna pakaian seperti ini adalah dengan cara menggunakan warna yang searah dan saling melengkapi dari segi gaya dan bahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar