Senin, 19 Desember 2016

Tips Menata Rambut Poni Agar Tetap Rapi

Mungkin suatu kali Anda bosan dengan penampilan rambut biasa, dan ingin sesekali tampil dengan gaya rambut poni. Gaya rambut ini memang akan memberikan sentuhan yang berbeda pada wajah Anda, baik poni samping atau rata akan membuat penampilan terlihat segar dan lebih muda. Dan biasanya gaya rambut poni cocok bila dipadukan dengan pakaian apapun.

Cara Menata Rambut Poni Agar Tetap Rapi


Tetapi ada beberapa masalah dengan rambut gaya poni, mislanya untuk beberapa jenis rambut tertentu gaya rambut poni lebih sulit ditata dibandingkan gaya lurus biasa, dan kesulitan lainnya adalah bila dahi Anda gampang berkeringat atau berminyak maka poni akan cenerung menjadi lepek dan menggumpal. Rambut poni memang membutuhkan waktu untuk mennatanya, sehingga jika Anda orang yang praktis dan suka terburu-buru keluar rumah, mungkin gaya ini kurang sesuai buat Anda.

Mengutip dari beberapa ahli penata rambut, ada beberapa cara menata poni agar tetap rapi sepanjang waktu. Siapkan waktu dan peralatan yang menunjang untuk merapikan poni.


1. Mencuci rambut poni dengan hati-hati

Hindari menggunakan sampo dengan kandungan pelembab yang sangat tinggi karena dapat membuat poni Anda lebih berat, bahkan sebelum mulai menatanya. Sebaiknya, pilih sampo yang juga volumizing serta hindari memakai conditioner dari akar rambut poni.


2. Langsung menatanya setelah mandi

Bila rambut basah sehabis mandi, langsung gunakan pengering pada saat rambut masih basah, bagian poni biasanya lebih cepat kering. Arahkan nozzle ke bawah dan sisir rambut dari satu sisi ke sisi lain. Cara ini akan membuat poni lebih halus alami dan tidak menempel di dahi. Makin cepat Anda menatanya maka hasilnya akan semakin baik.


3. Sisir ke Arah Samping

Bila rambut basah dan tidak sempat menggunakan pengering rambut. Maka sisir dengan mengarahkan poni kearah samping, jangan menyisir jatuh lurus kebawah. Sisir dengan menarik poni ke arah samping ke bagian kiri dan kanan. Dan hindari menyentuh poni yang sudah disisir sampai rambut kering. Hal ini untuk mencegah poni Anda berantakan ke segala arah yang berbeda saat rambut mengering.


4.  Hati-hati dengan produk perawatan kulit

Setelah memakai produk perawatan kulit, pastikan produk menyerap dengan baik. Tunggu sekitar sepuluh menit untuk menurunkan poni Anda ke bawah. Jika masih ada sisa produk, gunakan tisu untuk membersihkannya agar tidak menempel pada rambut, yang dapat menyebabkan rambut jadi berminyak.


5. Jangan ragu menggunakan hairspray

Hairspray dapat membuat poni terlihat lebih segar sekaligus sebagai penghalang kelembaban antara rambut dan dahi. Hairspray akan membuat bentuk poni lebih rapi dan tahan lama.


6. Gunakan sedikit dry shampoo atau sampo kering

Semprotkan dry shampoo langsung pada akar, dapat juga menggunakan sikat gigi untuk meratakannya. Dengan cara ini akan menambah volume sehingga poni mudah diatur ddan tidak terlihat lepek.


Menata Poni Saat Sibuk

Ketika dalam kondisi yang sibuk, kadang tidak memiliki waktu untuk mengurus poni rambut. Jika Anda belum memiliki waktu pergi ke salon untuk merapikannya, atau Anda masih ingin menggunakan gaya rambut ini lain waktu, maka ada beberapa cara menata poni agar tampilan Anda tetap terlihat rapi.


1. Gunakan Jepit Rambut

Cara mudah untuk menyingkirkan poni di sekitar kening adalah dengan menjepitnya ke samping. Anda bisa menggunakan jepit tipis yang simple yang memiliki taburan hiasan.


2. Kepang Bila Panjang

Jika poni Anda sudah cukup panjang, Anda bisa mengepangnya. Akhiri dengan menyemprotkan hairspray agar tatanan rambut lebih tahan lama. Gaya ini membuat tampilan Anda jadi lebih feminin.


3. Slicked Back

Tatanan rambut yang mudah dan cepat lainnya adalah dengan menarik poni ke belakang, lalu kuncir rambut menjadi kuncir kuda. Tapi gaya ini kurang cocok untuk Anda yang berkening lebar.


4. Pakai Headband

Menarik poni dengan headband atau bando juga menjadi trik ketika poni sedang terlihat kacau. Agar tidak terlihat dewasa, gunakan headband yang simple dengan warna-warna netral.

Semoga tips cara menata poni rambut ini bermanfaat. Selamat mencoba.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar