Rabu, 10 November 2010

Apakah Anda Tipe Orang Tua Berlebihan?

Pada saat ini ada tipe orang tua jenis baru yang disebut "Orang tua yang berlebihan". Orang tua jenis ini adalah orang tua yang terlalu detail mengelola setiap kehidupan anak-anak mereka. Mereka hidup dalam ketakutan bahwa anak mereka selalu mengalami masalah ketidakmampuan apakah itu: di bidang akademis, sosial, atau olahraga, dan lain-lainnya.

Apakah Anda Tipe Orang Tua Berlebihan?


Seringkali orang tua tipe ini mulai merencanakan kehidupan anak mereka sebelum bayi mereka lahir. Tujuan nya adalah agar anak mereka selalu aman dari masalah.  Beberapa orang tua bahkan terlibat di tempat bermain anak-anak mereka, memerintah dan mengatkan apa yang harus dilakukan si anak. Orangtua tipe ini sering merasa tekanan begitu banyak kepada anak-anak mereka sampai mereka lupa untuk mengurus kebutuhan mereka sendiri.

Namun jenis pengasuhan seperti ini pada akhirnya dapat menghambat kemandirian anak-anak mereka dan kemampuan pemecahan masalah pada anak-anak. Pola asuh anak tidak harus mengkonsumsi setiap bit terakhir, uang waktu dan energi. Ini tidak baik bagi orang tua, dan juga berbahaya bagi anak-anak serta perkembangan mental mereka yang sehat.

Berbasis di California psikolog Madeline Levine menulis buku laris "The Price of Privilege: How Parental Pressure and Maternal Advantage are Creating a Generation of Disconnected and Unhappy Kids" menyatakan  bahwa orang tua tipe ini  memiliki energi yang salah tempat "yang menciptakan kecemasan pada anak-anak dan dapat menyebabkan depresi dan stres di kemudian hari.

Sebenarnya orang tua tipe ini memiliki niat baik. Mereka percaya bahwa dunia lebih berbahaya dan kompetitif dari pada masa muda mereka sendiri. Terobsesi tentang keselamatan anak-anak mereka dan keberhasilan yang telah menjadi norma, tekanan untuk menjadi orangtua tipe ini hampir tidak mungkin untuk ditolak.

Namun ada indikasi bahwa semua limpahan perhatian orang tua tipe ini pada anak-anak mereka mungkin tidak memiliki hasil yang mereka harapkan. Bahkan, tampaknya memiliki efek sebaliknya.  Mereka ketika dewasa tampaknya tidak akan cukup siap untuk menghadapi dunia nyata.

Kalau anda memiliki tipe orang tua seperti ini sebaiknya anda melakuan langkah berikut agar anda dapat
memberdayakan anak-anak anda kepada jalan yang lebih tepat.
  1. Orang tua dapat memberikan anak-anak mereka tanggung jawab lebih dan kekuasaan, membuat keputusan sehingga mereka dapat mengembangkan suatu lokus kontrol internal (memiliki harga diri yang tinggi). Hal ini penting dalam semua tahap membangun kedewasaa.
  2. Orang tua bisa mengajarkan anak-anak mereka untuk meminta apa yang mereka butuhkan dan mendukung mereka dalam yang bertanggung jawab atas keputusan mereka.
  3. Orang tua dapat mengatur batas-batas yang jelas dan memberikan anak-anak mereka nasihat dan bimbingan. Hal ini bermanfaat bagi anak Anda untuk membuat keputusan dan belajar dari kesalahan mereka
  4. Jadilah bangga pada anak Anda untuk (apapun) prestasinya dan merayakan setiap prestasi yang diraih bersama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar