Selasa, 20 Oktober 2015

Tips Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Tips Menumbuhkan Rambut dengan Cepat


Sebagian wanita bermimpi memiliki rambut yang panjang dan indah. Mungkin Anda juga ingin memiliki rambut yang panjang dan lebat, Dan bila Anda merasa rambut Anda tidak tumbuh cepat seperti yang diharapkan maka mulailah melakukan perawatan rutin setiap hari dengan mengikuti tips menumbuhkan rambut dengan cepat di artikel ini.



1. Lakukan trim rambut
Sepertinya agak sedikit berlawanan dari tujuan ya? Tetapi benar jika Anda ingin rambut panjang yang sehat, Anda perlu melakukan trim atau pangkas ujung rambut secara teratur. Memang memangkas sedikit tidak akan membuat rambut Anda tumbuh dengan cepat tapi bertujuan untuk menyingkirkan rambut pecah atau rambut bercabang yang kurang sehat. Kata Michael Dueñas seorang penata rambut selebriti terkemuka. "Menghilangkan kerusakan rambut seperti ini akan memberikan penampilan rambut sehat sehingga tumbuh lebih cepat." Sementara, bila Anda membiarkan rambut pecah maka akan berdampak pada kerontokan rambut belum lagi rambut yang menjadi kusam dan hilang kelembutannya.

2. Berikan pijatan dan minyak alami untuk nutrisi rambut Anda.
Menyisir rambut ketika akan tidur memang berat. Tapi memanjakan rambut sebelum tidur dengan menyisir rambut sebelum tidur akan memberikan pijatan yang berdampak sangat baik buat kesehatan rambut. "Coba gunakan sisir rambut jenis paddle brush dan berikan juga minyak alami untuk nutrisi rambut. Sisir secara merata ke seluruh bagian rambut sampai kulit kepala. Perlakuan ini akan membuat rambut Anda sehat dan tetap lembab alami." Kata Mary Kate O'connor seorang senior colorist dan hair educator di  Eva Scrivo Salons New York. Langkah sederhana ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di bawah kulit rambut, yang akan membuat kulit kepala Anda sehat.

3. Jaga kulit kepala Anda agar tetap sehat.
Bayangkan rambut Anda seperti pohon, jika tanahnya dan akar pohon tidak diurus dengan baik, maka bisa dipastikan pohon tidak akan bisa tumbuh dengan baik. "Demikian pula pertumbuhan rambut dimulai dengan kulit kepala yang sehat." Kata Chaz Dean seorang penata rambut selebriti dan pendiri Wen Hair Care. "Ketika Anda membersihkan dan merawat kulit kepala Anda dengan bahan-bahan yang sehat, maka Anda sedang membentuk rambut yang indah dan kuat." Jika Anda tidak yakin dan meragukan kesehatan rambut Anda, maka Chaz merekomendasikan melakukan "root lift test" dengan cara; tarik beberapa bagian rambut Anda di bagian puncak kepala. Rambut yang sehat seharusnya memiliki ketebalan yang sama dari pangkal sampai ujung rambut, tetapi bila ternyata ujung rambut lebih tipis, maka sudah waktunya bagi Anda untuk memperhatikan perawatan rambut lebih intensif.

4. Mulai dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang tepat.
Memiliki rambut yang panjang dan kuat tidak hanya tergantung pada perawatan luar rambut Anda, tapi juga tergantung pada nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. "Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, Anda perlu 'nutrisi' rambut dari dalam," kata Dr Francesco Fusco, seorang dokter spesialis kulit dan Konsultan di CLEAR & Hair. "Cobalah dengan meningkatkan asupan protein dengan makanan seperti ikan, kacang-kacangan, dan roti cereal (whole grain)." Jika Anda tidak menyuakai daging-dagingan, pastikan untuk tetap menjaga diet tinggi protein dari sumber lain - Dr Fusco memperingatkan bahwa wanita yang tidak mendapatkan cukup protein akan sering mengalami kerontokan rambut.

5. Hentikan menggunakan alat pemanas untuk menata rambut.
Ya alat-alat pemanas seperti blow dryer, flat iron dan lainnya bila sering digunakan bisa menjadi penyebab kerusakan rambut Anda. "Berhentilah terlalu sering menata rambut dengan alat pemanas seperti itu," kata Ken Paves seorang penata rambut selebriti. Jika Anda harus menggunakan alat pemanas untuk rambut, Ken Paves merekomendasikan untuk menurunkan suhunya dan selalu gunakan pelindung panas untuk rambut - jika tidak, maka akan berisiko pada kerusakan rambut seperti rambut pecah dan melengkung.

6. Jangan shampoo-an tiap hari.
Kabar baik buat Anda bahwa sebenarnya perawatan rambut secara harian tidaklah rumit. Tahukah Anda apa yang sangat bermanfaat buat kesehatan rambut Anda."Keramaslah dengan shampoo cukup dua sampai tiga kali seminggu, hal ini merupakan aturan umum untuk perawatan harian rambut Anda," kata Ken Paves. "Mencuci rambut tidak terlalu sering cukup dua sampai tiga kali seminggu akan memberi kesempatan minyak alami dari kulit Anda untuk meminyaki dan memberi nutrisi pada rambut Anda, yang memungkinkan untuk melembabkan dan memperbaiki dirinya sendiri." Mencuci rambut dengan shampoo terlalu sering akan menghilangkan minyak alami yang juga dibutuhkan oleh rambut. Tapi pastikan juga untuk tidak membiarkan minyak alami terlalu banyak menumpuk di rambut Anda - karena menurut Dr Fusco, hal ini dapat menyebabkan kelebihan minyak di rambut yang bisa menyebabkan rambut kotor, gatal, dan berketombe.

7. Tambahkan suplemen untuk rutinitas di pagi hari.
Jika asupan makanan Anda tidak menyediakan nutrisi yang cukup untuk rambut, maka alternatif lain adalah penambahan suplemen atau vitamin. "Carilah multivitamin yang dibuat untuk kesehatan Rambut, Kulit, dan Kuku," saran Dr Fusco. "Karena suplemen ini mengandung vitamin penting seperti biotin, vitamin C, dan vitamin B yang mendukung kesehatan rambut. Dan selain kesehatan rambut bonusnya, Anda juga akan mendapatkan kulit yang lebih sehat dan cantik.

8. Selesai mandi bilas dengan air dingin.
Kamar mandi modern jaman sekarang biasanya dilengkapi dengan shower air panas yang menimbulkan uap, hal ini tidak hanya buruk bagi kulit Anda - tapi juga akan membuat rambut menjadi kasar. Bila menggunakan shower air panas, putar suhu air agar tidak terlalu panas ketika mandi," Kata Ken Paves. "Dan bilaslah rambut dengan air dingin untuk membantu menutup kutikula rambut dan memperkuat rambut sebelum disisir dan ditata."

9. Berhenti mengikuti trend diet detox atau diet ketat
Perusahaan diet mungkin mencoba untuk meyakinkan Anda bahwa diet detox atau proses "membersihkan tubuh" dari lemak dan racun dengan memakan ramuan serta membatasi jumlah makanan tertentu akan mengubah seluruh hidup Anda menjadi lebih baik, tetapi Michael Dueñas sangat menentang cara seperti ini. "Melakukan pembersihan tubuh (detox) dengan diet ketat merupakan hal yang mengerikan untuk rambut Anda. Karena Anda merampas nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan rambut," katanya memperingatkan. "Saat melakukan program diet pembersihan tubuh selama seminggu saja, Anda akan melihat pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat dan rambut menjadi kurang bercahaya".

10. Tidur dengan sarung bantal sutra.
Menjaga rambut lebih sehat saat tidur juga bisa dilakukan - dengan cara mengganti sarung bantal Anda dengan bahan yang halus. Disarankan menggunakan sarung bantal dari sutra sangat baik bagi rambut karena dapat mencegah rambut dari kerusakan dan kusut saat tidur," kata Jesleen Ahluwalia, MD, seorang dokter dari Spring Street Dermatology di New York City. Semakin sedikit resiko kerusakan yang dialami rambut Anda, maka akan semakin panjang rambut Anda.

11. Perhatikan kulit Anda saat menggunakan produk perawatan rambut.
Gampang sekali berkata bahwa dengan melihat rambut mengkilap berarti produk perawatan yang dipakai bekerja dengan baik untuk rambut Anda, tapi Chaz Dean merekomendasikan untuk merasakan dan melihat lebih teliti lagi. "Apapun formula ramuan produk rambut yang dirasakan dikulit Anda umumnya juga akan berefek sama untuk rambut Anda," katanya. "Apakah saat dioles di kulit Anda produk rambut itu membuat kulit Anda terasa kering, terasa kencang, berat, terasa dikasih lilin, lengket, atau berminyak? Atau apakah terasa lembut, basah, halus, dan lentur?" Karena itulah yang akan dirasakan rambut Anda juga. Rawatlah rambut Anda seperti yang Anda merawat kulit Anda - biar bagaimapun rambut juga merupakan bagian dari tubuh kita yang perlu dirawat! Jika folikel rambut Anda tersumbat dan penuh oleh produk perawatan rambut yang salah, maka rambut tidak akan tumbuh panjang dengan baik.

Itulah beberapa tips yang mudah dilakukan untuk menumbuhkan rambut Anda secara sehat dan cepat. (ifn)



2 komentar: