Selasa, 22 Mei 2012

Tips Menggunting Kuku Bayi

Tips Menggunting Kuku Bayi


Bagi sebagian ibu muda yang baru memiliki bayi, meggunting kuku bayi biasanya menjadi pekerjaan yang sangat menegangkan. Tapi tugas ini tidak bisa ditunda-tunda karena kuku bayi biasanya sangat cepat tumbuh terutama kuku tangannya. Kuku bayi mungkin terlihat lembut tapi bila panjang dapat juga melukai kulit bayi bila tergores.

Paling tidak anda harus memeriksa kuku bayi anda seminggu dua kali dan memotongnya bila anda melihat kukunya telah panjang. Beberapa tips bagi anda agar aman dalam memotong kuku batita;


1. Alat yang tepat
Gunakanlah alat yang tepat untuk menggunting kuku bayi Anda, selain itu gunakan alat yang nyaman buat anda dan bayi. Seperti gunting kuku atau gunting kecil atau kikir kuku jari kecil yang dibuat khusus untuk bayi Anda.



2. Guntinglah pada saat yang tepat
Waktu yang baik dan paling mudah untuk menggunting kuku bayi adalah  saat bayi Anda tidur atau saat sedang menyusui.  Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kuku bayi lebih mudah dipotong setelah ia selesai dimandikan. Karena kuku bayi dalam kondisi paling lembut setelah mandi.



3. Pegang dengan baik
Pegang tangan bayi Anda dengan baik, tekan bagian bawah jari tangan/ kaki bayi menjauh dari kuku, dan hati-hati potonglah sepanjang lekukan jari bayi anda. Sebaiknya saat memotong jangan memotong kuku sampai habis, sisakan sedikit jarak antara kuku dan kulit agar lebih aman saat memotongnya.


4.Bersiap siaga
Saat memotong bayi anda memang harus berhati-hati jangan sampai melukainya, tapi bila terjadi hal yang tidak diinginkan sepertinya misalnya kulitnya lecet terkena gunting anda tidak boleh panik. Anda harus sudah bersiap sebelumnya dengan kapas yang bersih serta obat luka seperti Betadine untuk menahan pendarahan. Tahan kapas pada bagian yang terluka sampai pendarahan berhenti.



5. Kuku jari kaki
Jangan lupa dengan kuku jari kaki bayi anda juga perlu dipotong, meskipun tidak sesering kuku jari tangan. Untuk menghindari bagian yang kasar dari kuku sehabis digunting bisa dilakukan dengan menggunakan kikir bayi yang halus.

1 komentar:

  1. Artikelnya keren dan sangat membantu..
    oya sekalian mau tanya untuk kaos kaki anak yang cocok untuk bayi usia 2 bulan itu seperti apa?...
    Trimss infonya..

    BalasHapus