Kamis, 13 Oktober 2011

Hindari Makanan Ini Sebelum Hamil

Hindari Makanan Ini Sebelum Hamil

Masa kehamilan adalah masa penting bagi seorang wanita yang ingin memiliki anak. Tapi tahukah Anda, bahwa untuk memilik bayi yang sehat dan cantik sebenarnya perlu persiapan yang baik sebelum kehamilan terjadi. Seperti pemeriksaan kesehatan calon ibu dan ayah, lingkungan yang mendukung serta kebiasaan makan yang baik.


Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa pola makan sebelum kehamilan juga berpengaruh dalam proses menuju kehamilan. Bahkan ada beberapa makanan yang ditenggarai bisa mempengaruhi kesuburan pasangan. Sebaiknya Anda tahu beberapa kebiasan makan yang buruk yang wajib anda hindari bila anda bermaksud memprogramkan kehamilan untuk mendapatkan bayi yang sehat.


1. Makanan pedas
Hindari Cabai, lada, dan bumbu pedas lainnya, banyak mengkonsumsi bahan ini dapat menyebabkan gangguan pecernaan bagi orang normal. Jika seorang wanita yang merencanakan kehamilan atau sudah hamil mengkonsumsi sejumlah besar makanan yang mengadung bahan ini, ia juga akan berpotensi memiliki masalah pencernaan. 

2. Alkohol
Sudah banyak orang tahu pengaruh buruk alkohol bagi kesehatan, apalagi bagi anda yang ingin memprogramkan kehamilan sebaiknya minuman ber-alkohol dihindari. Saat hamil Alkohol merupakan bahan yang bisa menyebabkan pertumbuhan bayi yang tidak sempurna serta dapat menyebakan keterbelakangan mental.

3. Terlalu banyak gula
Metabolisme gula dalam tubuh manusia memerlukan banyak kalsium. Dan kekurangan kalsium selama pra kehamilan serta pada masa kehamilan dapat mempengaruhi perkembangan gigi dan tulang ibu dan janin. Pada saat kehamilan  bisa menyebabkan kelebihan berat badan ibu dan janin yang berpengaruh dalam proses melahirkan

4. MSG atau Bumbu Penyedap
MSG atau Vitsin merupakan bahan yang hampir selalu ada disetiap masakan. Komponen MSG adalah bahan kimia monosodium glutamat. Makan makanan yang mengandung bahan ini secara berlebihan bisa mempengaruhi penyerapan seng dan tidak baik bagi perkembangan sistem saraf janin. Karena itu kurangi MSG, beralih gunakan bahan alami.

5. Makanan yang Terlalu Asam
Makanan yang terlalu asam mengandung cuka sebaiknya juga dihindari.  Biasanya cuka asam digunakan untuk mengawetkan agar makanan menjadi tahan lama. Meskipun makanan tersebut lezat dan disukai, tetapi bahan seperti ini banyak mengandung nitrit, benzopyrene, dll, yang tentu saja sangat tidak menguntungkan bagi tubuh.

6. Berbagai Makanan Terkontaminasi
Anda harus mencoba untuk selalu menggunakan makanan segar dan alami, menghindari makan makanan yang mengandung aditif, pewarna, pengawet.  Serta perhatikan buah dan sayuran, buah dan sayuran harus dicuci bersih sebelum makan untuk menghindari residu pestisida yang mungkin masih menempel pada bahan makanan ini.

7. Makanan/Minuman yang Mengandung Kafein
Hindari minum terlalu banyak kopi, teh dan minuman lainnya yang mengandung kafein. Beberapa ahli percaya bahwa kafein dapat mengubah proporsi estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita sampai batas tertentu, sehingga secara tidak langsung menghambat implantasi dan perkembangan telur yang dibuahi di dalam rahim.

8. Biji bunga matahari
Protein di dalam biji bunga matahari mengandung zat yang dapat menghambat perkembangan reproduksi testis. Zat ini dapat menyebabkan atrofi testis dan mempengaruhi fungsi reproduksi normal. Sehingga bagi suami muda usia subur yang merencanakan program kehamilan disarankan untuk tidak banyak mengkonsumsi jenis makanan ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar